Detil Berita

  • 03 Nov
  • 2018

Ekspo Perguruan Tinggi Ke 13, 2018 Untuk Mendapatkan Informasi yang Lengkap dan Akurat

ekspo ekspo2

“Tidak banyak SMA yang mau dan mampu menyelenggarakan ekspo Perguruan Tinggi seperti yang sedang diselenggarakan oleh SMA Xaverius 1 Palembang”, tegas Dr Arwan, M.PDiKasi Pembinaan SMA pada Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Selatan.

Dalam konteks Sumatera Selatan, setiap tahun yang menamatkan SMA sekitar 9000 siswa-siswi maka ekspo perguruan tinggi seperti ini dirasa sangat penting dan perlu, lanjut Dr Arwan yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Sumsel pak Widodo, M.Pd.

Agar tidak galau

Dinas Pendidikan Sumatera Selatan sangat mendukung ekspo perguruan tingga agar anak-anak kita mendapatkan informasi yang benar dan baik dari perguruan tinggi. Yang tidak kalah pentingnya, agar siswa kita tidak galauuntuk menentukan tempat perkuliaannya setelah tamat SMA ini, jelas Dr Anwan sekaligus membuka acara ekspo perguruan tinggi ke 13 ini secara resmi.

Tari gending Sriwijaya yang dipersembahkan oleh Josephine, Michelle dan Gabriella sebagai bentuk penghormatan dan penyambutan para tamu undangan. “Saya senang mempersembahkan tarian ini. Saya sejak TK suka nari. Semoga ada lomba nari”, harap Josephine saat ditanya di ruang guru.

Representasi kampus

Pihak SMA Xaverius 1 Palembang berusaha menghantar peserta didik menuju masa depannya yang lebih baik dengan mengundang dan menghadirkan perguruan tinggi atau kampus-kampus ke sekolah ini. Kehadiran para pembuka stand perguruan tinggi ini merupakan representasi dari universitas atau instansinya, jelas Kepala SMA Xaverius 1 Palembang, Ibu MM Estri Murwani, M.Si.

Ekspo perguruan tinggi ke 13 ini diharapkan para siswa bertatap muka langsung, mendapatkan informasi yang lengkap, jelas dari para narasumber atau perwakilan perguruan tinggi. Dengan demikian para siswa kita menjadi generasi yang cerdas, berkarakter serta berdaya pikat, harap ibu Estri.

“Manfaatkan kesempatan selama 2 hari ini dengan sebaik-baiknya untuk bertanya dan mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya dari perguruan tinggi”, harap ibu Estri kepada para siswa.

Berkomitmen mencerdaskan anak bangsa

SMA Xaverius 1 Palembang yang merupakan salah satu unit sekolah dari Yayasan Xaverius Palembang dengan acara ekspo perguruan tinggi ini sebagai satu keluarga. Baik pihak SMA Xaverius 1 maupun perguruan tinggi saling mendukung, saling menyemangati dan melayani dalam karya pendidikan ini. Hak ini dikatakan oleh Ketua Dewan Pengurus Yayasan Xaverius Palembang, Rm Dominggus Koro, Pr.

Yayasan dan sekolah tetap berkomitmen teguh untuk tetap mencerdaskan anak bangsa dengan bekerja sepenuh hati. “Kita tidak bisa berjalan sendirian. Kita tidak bisa bekerja sendiri. Marilah kita bekerja sama dengan semua pihak yang berkehendak baik”, jelas Romo Dominggus.

“Kita mendambahkan siswa yang berkualitas, siswa yang berkarakter sehingga menjadi pribadi yang dewasa, matang dan pribadi utuh, tegas Romo Dominggus.

Albertus Sigit Triyantoko, S.Pd, wakil humas SMA Xaverius 1 dalam laporan yang dibacakan di depan para tamu undangan dan para siswa yang berada di kompleks sekolah mengatakan bahwa tujuan ekspo perguruan tinggi ke 13 di SMA Xaverius ini adalah memberikan informasi bagi siswa dan membantu orangtua siswa.

Jalur prestasi

Ekspo ini dimaksud untuk memberikan informasi kepada peserta didik terutama kelas XII agar mereka dapat masuk perguruan tinggi melalui jalur tanpa tes atau jalur prestasi. Selain itu, ekspo ini dimaksud agar peserta didik mendapatkan informasi yang akurat sehingga calon peserta didik tidak salah memilih jurusan sesuai dengan bakat dan kemampuannya, jelas pak Sigit.

Tujuan lainnya, tambah pak Sigit, kegiatan ekspo perguruan tinggi ke 13 ini yakni membantu orang tua siswa dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada anak-anaknya dalam menentukan jurusan, fakultas, dan perguruan tinggi yang tepat.

Lulusan terbaik

ekspo3

Arif K, Continuing Educationdari Universitas Multimedia Nusasantara ketertarikan mempromosikan universitasnya di SMA Xaverius 1 karena “pengalaman menunjukkan bahwa banyak alumni SMA Xaverius 1 Palembang berprilaku baik, memberikan kontribusi dalam kegiatan kemahasiswaan, bahkan ada beberapa alumni SMA Xaverius 1 menjadi lulusan terbaik di UMN”.

Semoga semakin banyak alumni SMA Xaverius 1 Palembang yang hendak bergabung di UMN sehingga UMN bisa mewajukan kata Nusantara bedasarkan namanya, di mana mahasiswa UMN  berasa dari tiap daerah dan propinsi di Indonesia, harap pak Arif.[Ignas Iwan Waning]