Detil Berita

  • 12 Aug
  • 2019

Idul Adha, OSIS SMA Xaverius 1 Palembang Ikut Berbagi

IMG-20190810-WA0050

Dua hari (Jumat, 9/8) menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H perwakilan pengurus OSIS/PPSK SMA Xaverius 1 Palembang bersama dengan beberapa pembina OSIS menyerahkan hewan kurban ke beberapa Masjid yang berada tidak jauh dari lingkungan sekolah.

Tiga Masjid menjadi tujuan utama penyerahan hewan kurban tahun ini yakni Masjid As Sayyidah (Yayasan IBA), Masjid Babul Iman, dan Masjid Al-Falah.

Semangat solidaritas
IMG-20190810-WA0051
Masing-masing Masjid di atas mendapat 2 ekor kambing kurban. Aksi sosial ini sebagai gerakkan yang sangat positif yakni membangun toleransi dan semangat solidaritas serta berbagi kepada sesama yang sangat membutuhkan.

“Setiap Masjid mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi SMA Xaverius 1 Palembang menjelang Idul Adha ini. Bahkan ada yang mengharapkan jika perlu setiap tahun bisa diadakan kegiatan seperti ini”, tulis Patricia Yeh, Ketua OSIS/PPSK SMA Xaverius 1 Palembang. Hal yang sama diakui oleh rekan Patria yakni Anthony, Alwine, dan Michael.

Bangun toleransi
IMG-20190810-WA0052
Aksi memberikan hewan kurban (2 ekor kambing ke masing-masing Masjid) ini “semoga bisa membantu mereka yang lebih membutuhkan agar bisa mendapatkan bagian dari kurban ini dan bisa mengembangkan rasa toleransi dan solidaritas antar-umat beragama walaupun berbeda-beda”, lanjut Patricia (16), siswi kelas XI IPS 3.

Marcellinus Michael, pengurus OSIS sekbid II menulis tujuan aksi ini agar membantu sesama yang lebih membutuhkan dan membangun toleransi antar-umat beragama.

Selain itu, dengan aksi sosial memberikan hewan kurban ini dimaksud agar tetap terjalin hubungan yang baik antar-sesama umat beragama dan sebagai wajud kepedulian, tambah Anthony Bintang Putra (15).

Ikut bergembira
“Pada saat kami datang ke Masjid-Masjid untuk menyerahkan kambing kurban, wajah para pengurus Masjid dan penduduk sekitar Masjid sangat gembira. Kamipun sangat bergembira ketika melihat wajah mereka begitu gembira”, kesan yang sangat berkesan bagi Anthony, siswa kelas XI MIPA 1.

Bagi Michael (15) siswa kelas XI MIPA 4 ini, hal yang menarik dari kegiatan ini bahwa OSIS SMA Xaverius 1 Palembang “bisa memberi sumbangan berupa hewan kurban dan ini merupakan program baru bagi OSIS yang kami jalankan.”

“Ketika para pengurus Masjid mengucapkan terima kasih kepada kami, saya sangat senang karena kita bisa berbagi dengan sesama yang lebih membutuhkan”, itulah yang sangat berkesan bagi Alwine (15), siswi kelas XI MIPA 2.

Keliling antar kambing
IMG-20190810-WA0053
Hal menarik bagi Patria, antara lain, para pengurus Masjid menyambut kami dengan sangat baik, tidak memandang perbedaan. Hal ini bisa dilakukan berkat ide cemerlang dari pengurus OSIS sekbid 2 dan didukung penuh oleh Bapak Ibu Pembina OSIS.

Pengalaman yang paling seru ketika berkeliling untuk mengantarkan kambing ke Masjid yang satu menuju Masjid yang lainnya. Ini merupakan pengalaman baru, seru, dan sangat berkesan bagi Patricia.

Akhirnya, tidak lupa, Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H kepada rekan-rekan bapak ibu guru, pegawai, karyawan/wati dan segenap siswa-siswi SMA Xaverius 1 Palembang yang merayakannya.
[Ignas Iwan Waning]