Detil Berita

  • 24 Jan
  • 2019

Market Day:Menentukan Stand Terfavorit dan Terinovatif

20190123_104147

“Ini bagus didokumentasikan”, komentar Pak Andreas Sudarsana ketika melewati stand market day.

Kegiatan ini bagus sebagai bentuk dan latihan kewirausaan atau entrepreneur dan bisnis, lanjut Pak Sudar, wakil kurikulum, sambil terus berjalan menuju ruang kurikulum.

Lomba market day sesungguhnya telah menjadi program OSIS pada tahun-tahun sebelumnya namun tidak terealisasi. Baru tahun inilah lomba market day dilaksanakan. Mereka mengolah produk makanan dan sekaligus menjualnya, jelas pak Ign Sujindro, wakil kesiswaan SMA Xaverius 1 Palembang.

Lomba pasangan serasi dan lomba market day merupakan dua dari sebelas jenis lomba yang mendapat sambutan penonton yang luar biasa. Sangat meriah. Sorakan, teriakan, dan pekikan penonton menyambut para peserta lomba pasangan serasi.

 

Asli dari Pagar Alam

“Ayo Pak, mampir ke stand kami”. Saya masuk ke sebuah stand. Saya memesan secangkir kopi tanpa gula.

“Apakah ada kopi tanpa gula?” Ok Pak, kami siapkan. Salah seorang petugas, sambil senyum menyiapkan kopi seperti yang saya pesan.

“Pak, ini kopi asli. Asli dari Pagar Alam. Papa saya yang mengirim dari Pagar Alam”, kata Federick Winady.

“Nikmat”, kata saya sambil menatap kepada para pelayan.

Yang menarik perhatian saya dalam lomba market day ini adalah bagaimana para petugas (relawan) masing-masing kelas yang sangat antusias, getol menawarkan barang dagangannya. Sangat jelas terlihat jiwa, semangat pemasaran hasil produk mereka. Di sanalah, kutemukan mereka belajar mempengaruhi dan meyakinkan para calon pembeli.

“Pak, mampir ke waroeng duplespat (stand kelas XII IPS 4). Kami menawarkan risol (dengan varian karnet ayam), sushi, dan pempek rumput laut, serta es buah”, tawar Cindy dan Felicia bagian pemasaran kelas XII IPS4.

 

Saling percaya

Membangun sebuah komunikasi dan relasi yang baik, memang mestinya masuk dan mengenal dunianya dalam hatiku bergumam. Jika relasi dan komunikasi telah terbangun, maka akan memunculkan saling kepercayaan dan kerja sama yang baik dan produktif.

Kegiatan classmeeting SMA Xaverius 1 Palembang dengan kategori perlombaan dan pertandingan diselenggarakan pada Rabu, 23 Januari 2019

Jenis pertandingan misalnya basket, futsal, dan voli. Sedangkan kegiatan yang masuk dalam jenis perlombaan, misalnya pidato, Xaverian motivator, melukis t-shirt, mendesign poster, pasangan serasi, market day, lomba cerdas cermat, dan senam ritmik.

  1. Senam ritmik dengan pendamping Arfeilia Teja dan Gabriella Angelica di selenggarakan di lapangan futsal outdoor dengan kriteria penilaian kreativitas gerakan, keluwesan, dan kekompakan.
  2. Lomba cerdas cermat (LCC) didampingi oleh Kelviin Suwandi, Ussivine Abigail, dan Chai Nesia Natalia di ruang pertemuan (Lantai 3) dengan kriteria penilaian sesuai dengan skor
  3. Market day dengan pendamping Angela Vera, Sherly Marcela, Evelyn Violetta, dan Andreas Tahalele di koridor kelas (Lantai 1), lapangan tengah dan lapangan parkir. Kriteria penilaian misalnya stand terfavorit, terinovatif, dan ter
  4. Pasangan serasi dengan pendamping Aqqihila Felia Putri, Maria Khelli, dan Monica Angelica diselenggarakan di Atrium Yohanes Paulus II. Kriteria penilaian, antara lain keserasian pasangan, kekompakan, ekspresi dan gesture.
  5. Mendesign poster didamping oleh tim OSIS Francesso Toldo dan Kevin Adrianus di Lab Komputer, lantai 4. Kriteria penilaian keindahan, orisinalitas, kreativitas, dan kesesuaian dengan tema.
  6. Melukis t-shirt dengan pendamping Vania Valencia dan Karel Christofero di kelas XII MIPA 7, lantai 3. Kriteria penilaian kerapian, komposisi warna, kesesuaian dengan tema, kreativitas
  7. Xaverian motivator dengan pendamping Chaterine Juliana dan Karen Lawinata di kelas XII MIPA 8, lantai 3. Kriteria penilaian mencakup teknik penyampian, intonasi, ekspresi dan gesture.
  8. Pidato dengan pendamping Micheele Liu dan Richardus Aji Satria di kelas XII MIPA 6, lantai 3. Kriteria penilaian mencakup penguasaan dan isi materi, vokal, intonasi dan keserasian diksi.

20190123_093317

 IMG-20190123-WA0027

 

Khusus peserta putri

20190123_093222

Jenis pertandingan berikut hanya diikuti oleh peserta putri (siswi). “Pertandingan Voli, Basket dan Futsal tahun ini khusus bagi peserta putri. Kegiatan ini untuk membedakan dari kegiatan  yang sama pada tahun-tahun sebelumnya”, jelas Imelda Rani, Ketua OSIS SMA Xaverius 1 Palembang.

Jenis pertandingan yang hanya mewajibkan para peserta putri maka otomatis kelas seminari tidak bisa ikut dalam pertandingan ini. Para siswa seminari aktif terlibat dalam jenis lomba lainnya, misalnya lomba senam ritmik, Xaverian motivator, dan lainnya.

 

  1. Voli dengan pendamping Michael Mok dan Mardiana Safirah di lapangan outdoor dan lapangan
  2. Futsal dengan pendamping Rio Oktavianes dan Yosephine Anselma di lapangan outdoor dan lapangan indoor.
  3. Basket dengan pendamping Ferdinand Gunawan dan Widi Gaby Amanda di lapangan outdoor dan lapangan indoor.

 

Ikuti peraturan

Semua kegiatan lomba antar-kelas di atas berlaku ketentuan umum misalnya para siswa-siswi dilarang mengikuti lebih dari 1 jenis lomba. Setiap kelas mematuhi ketentuan yang berlaku dalam proposal yang dirumuskan oleh OSIS SMA Xaverius 1 Palembang. secara eksplisit, ditegaskan juga, setiap tim atau lomba perorangan dilarang keras melakukan kecurangan (tidak patuh para peraturan yang berlaku), jika kecurangan yang terjadi maka akan dikenai sanksi yakni diskualifikasi.

Menjalin kerja sama, membangun rasa persaudaraan, dan mengenal potensi diri (tim), saling mendukung, dan percaya diri merupakan nilai yang terus diperjuangkan.** [Ignas Iwan Waning]