Detil Berita

  • 08 Sep
  • 2018

Turnamen Xaverius Futsal Competition Antar-SMP: Kecewa, Belum Berhasil Merebut Piala Bergilir

1

“Ayo lebih fokus. Jangan buang peluang. Kalau mau menang, sekarang dan di sini”.

Hal itu disampaikan dengan nada marah, kesal dan pingin menang oleh guru olah raga sekaligus pelatih tim futsal SMP Xaverius 1, Bapak Suratman, S.Pd. Pak Suratman yang lebih populer dipanggil pak Maman ini setia mendampingi dan memberikan arahan yang tegas dan keras dari pinggir lapangan.

Pak Maman setia dan konsisten menemani timnya selama empat hari pertandingan futsal di lapangan indoor Benedictus SMA Xaverius 1 Jln Bangau – Palembang.

[SMA Xaverius 1 Bangau memiliki 2 unit lapangan indoor gedung Benedictus khusus untuk futsal dan basket, dan gedung Don Bosco khusus untuk volly dan bulu tangkis yang telah diresmikan dalam misa Kudus yang dipimpin oleh Rektor SMA Xaverius 1 dan SMA Xaverius 4, Romo Ign Putra Setiahati, Pr yang didampingi Romo Rektor SMA Seminari St Paulus Palembang Rm Petrus Sugiarto, SCJ, Direktur Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Xaverius Palembang Rm Martinus Priyo Kuswardono, Pr dan Rm Vincentius Avien, Pr, Rabu (10/1)].

Saat peresmian tersebut Romo Putra menegaskan dalam sambutannya, “kita tidak ada alasan lagi untuk tidak berolah raga”.

5

Tetap berjuang

7

Kadang teriakan keluar dari mulut pak Maman saat anak asuhnya melakukan kekeliruan di lapangan. Semuanya itu dimaksud agak timnya tetap semangat, tetap berjuang demi meraih prestasi.

Namun, sebagai bentuk kerendahan hati, ketika hendak menerima medali dan penghargaan dari pihak penyelenggara, OSIS SMA Xaverius 1, Pak Maman justru mempersilahkan teman-teman pelatihnya untuk merima penghargaan tersebut.

SMP Xaverius 1 mengirim 4 tim futsal (SMP Xav 1 A, B, C dan D). Pada kaus atau kostum yang dipakai para pemain bertuliskan X-One.

X-One: bisa. Itulah pekikan yang mengobarkan semangat antar para pemain. Ketika memulai pertandingan mereka membentuk lingkaran kecil dengan kepada agak menunduk serta satukan tangan sembari berteriak, dari mulut pak Maman keluar sebutan: X-One dan semua pemain menyahut: bisa.

Semua tampil baik

Partai final sudah mulai lebih awal. Itulah reaksi dan prediksi ketika pertandingan tim futsal SMP Xaverius 7versus SMP Xaverius tim A, pada hari kedua kegiatan (Selasa, 4/9).

Tim futsal SMP Xaverius 7 yang sudah menang melawan tim dari tim futsal dari SMP Xaverius 2 pada hari pertama (Senin, 3/9), akan bertanding dengan tim futsal SMP Xaverius 1 A pada babak berikutnya.

Seperti biasa, semua tim ingin tampil baik dan menang. Setiap tim ingin mengalahkan tim lawan. Demikianlah yang didambakan tim SMP Xaverius 7 saat bertanding melawan tim SMP Xaverius 1 A.

Tetap menjunjung sportivitas

Pada babak pertama, hasil imbang 1:1. Masuk babak kedua dengan tempo permain cepat dan tetap menjunjung sportivitas akhirnya masing-masing tim bermain imbang lagi 2:2.

Hasil imbang tersebut memastikan kedua tim harus adu pinalti. Adu pinalti jalan pintas untuk menentukan tim yang harus menang dan melaju ke babak selanjutnya. Beberapa tendangan dari tim SMP Xaverius 7 berhasil diantisipasi kiper tim SMP Xaverius 1. Sebaliknya, tendangan tim SMP Xaverius 1 semuanya berhasil menjadi gol.

Gol-gol yang diciptakan SMP Xaverius 1 tim A menghantarnya melaju ke babak perempat final yang akan bertanding melawan SMP St Louis dibawah pelatih bapak Agustinus.

Ariel Pantareo Sinaga (14) kelas 3 SMP Xaverius 7 mengatakan kekesalannya setelah timnya kalah dari tim SMP Xaverius 1 A. Awal pertandingan tim kami dengan mudah mengalahkan tim lawan. Kami selalu memimpin skor.

Tidak fokus

3

Sebagai kiper, ketika adu pinalti, saya merasa gugup. Kekalahan dalam adu pinalti ini menghentikan tim kami melaju ke babak berikutnya. “Sungguh, kami sangat kecewa karena belum berhasil membawa piala bergilir ke sekolah kami. Kami belum berhasil membanggakan nama sekolah”, kesal Ariel Sinaga, kiper utama tim SMP Xaverius 7.

Senada dengan Agustinus Raymundus (16) siswa kelas 3 SMP Xaverius 7. Agustinus menilai hasil pertandingan ini cukup puas. Walau kami kalah. Harapan kami sih juara, tapi kami gagal di babak penyisihan oleh tim yang hebat.

Walau kecewa tidak melanjutkan pertandingan, Agustinus sebagai ujung tombak tim dan selalu mencetak gol, Agustinus mengakui timnya tidak lolos ke babak selanjutnya karena gugup, tidak fokus, dan hilangnya kerja sama dalam tim.

Latihan lebih serius

4

Agustinus berharap semoga adik-adik kelasnya yang kini berada di kelas 1 dan 2 yang akan bertanding tahun depan agar lebih sungguh-sungguh dalam latihan persiapan dan sukses.

Menjelang pertandingan final SMP Indriasana yang dilatih bapak Hendrikus, para pemain sangat didukung oleh para suporter baik siswa-siswi dan juga bapak ibu guru yang turut menyaksikan pertandingannya tim kesayangan mereka. Mereka berkumpul di suatu pojok untuk berteriak dan memberikan yel-yelnya. Mereka menyemangati dan memberikan motivasi bagi timnya.

Fedrik Passy (13) kelas 2 dan Sam Pramudana (14) kelas 3 dari SMP Indriasana yang selalu setia menonton langsung ketika tim kesayangannya bertanding sejak babak pengisian grup hingga babak final yang sebentar lagi berlangsung.

Baik Fedrik maupun Sam berharap agar tim futsal SMP Indriasana bisa menang dan menjuarai turnamen tahunan ini dari lawan mereka tim futsal dari SMP Xaverius 1 A yang dilatih bapak Maman. “Ya, kami yakin menang karena mereka sering latihan di sekolah oleh guru olah raga kami bapak Hendrikus”, tegas Fedrik dan Sam.

Tim futsal yang mendapat piala dan penghargaan yakni tim SMP Xaverius 1 A (juara 1), SMP Indriasana (Juara 2), dan SMP Xaverius 1 C (juara 3) setelah mengalahkan tim hebat dari SMP St Louis melalui adu pinalti.

6

Tim futsal yang ikut dalam turnamen futsal di indoor Benedictus SMA Xaverius 1 Bangau:

  1. SMP St Louis(Manajer: Agustinus R)
  2. SMP Indriasana (Manajer: Hendrikus Aditya Mardianto, S.Pd)
  3. SMP IPEKA (Manajer: Santun R.S Hutasoit, S.Pd)
  4. SMP Xaverius Maria (Manajer: Bayu Saputra, S.Pd)
  5. SMP Xaverius 1 (Tim A dengan manajer: Suratman, S.Pd)
  6. SMP Xaverius 1 (Tim B dengan manajer: Viktorius Salomon Geli, S.H)
  7. SMP Xaverius 1 (Tim C dengan manajer: Andreas Agung Wibowo, S.Pd)
  8. SMP Xaverius 1 (Tim D dengan manajer: Suryo Adi Nugroho)
  9. SMP Xaverius 2 (Manajer: Antonius Nugroho, S.E)
  10. SMP Xaverius 3 (Manajer: Hartono)
  11. SMP Xaverius 5 (Manajer: Zenardi Petrus S)
  12. SMP Xaverius 7 (Manajer: Djati Nugroho)

Kepala SMA Xaverius 1, Dra MM Estri Murwani, M.Si dalam amanat pembukaan (Senin, 3/9) turnamen futsal antar-SMP mengatakan, turnamen futsal tahun 2018 ini merupakan program OSIS yang telah diselenggarakan di indoor Benedictus sejak tahun lalu (2017). Tahun ini merupakan turnamen futsam ke 2 yang diikuti oleh 12 tim. Program ini merupkan program rutin tahunan.

Turnamen selama 4 hari ini (Senin-Kamis, 3-6/9) mulai pkl 14.00 – selesai, OSIS / PPSK yang mengurus bidang olah raga, Ferdinan mengatakan tema turnamen futsal tahun ini adalah, “Xaverius Futsal Competition 2018: kembangkan bakatmu dalam futsal dan jalin solidaritas”. Nama kegiatan ini Xaverius Futsal Competition (Xafution).

Hindari konflik

“Bertandinglah secara sportif. Ikutilah aturan yang berlaku. Hindari konflik badan” jelas ibu Estri.

“Jangan mengeluarkan kata-kata yang memancing emosi kawan, lawan dan panitia”, tambah ibu Estri.

Pada acara penutupan (Kamis, 6/9) yang dihadiri tim yang menang, OSIS dan para guru dan karyawan SMA Xaverius 1, di lapangan indoor, Bapak Ign Sujindro selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengatakan puji Tuhan turnamen futsal telah berlangsung dengan baik dan lancar.

Menjunjung sportivitas

“Jika ada yang luka lututnya atau lecet siku tangannya, itu wajar dalam pertandingan futsal”, kata pak Sujindro.

Pak Sujindro menegaskan kembali tujuan kegiatan ini yakni membangun sportivitas dalam pertandingan, membuka relasi dan komunikasi antar SMP Katolik dan swasta yang diundang, serta menumbuhkan bakat dalam bidang olah raga.

Seperti dalam proposal yang dirumuskan oleh OSIS/ PPSK, tujuan kegiatan ini antara lain:

  1. Meningkatkan sportivitas belajar, terutama pelajar SMP
  2. Pengaktualisasian diri pada proses pengembangan potensi pada peserta dalam bidang olah raga
  3. Meningkatkan potensi diri dalam tiap peserta dalam bidang non-akademik
  4. Meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan antar pelajar SMP Swasta kota Palembang
  5. Ajang mengasah kemampuan dan bakat olah raga.

 

“Jika kalian mau dan sering bermain futsal khususnya dalam ekstrakurikuler futsal, inilah tempat yang nyaman dan menyenangkan. Maka, daftarkan diri Anda ketika penerimaan siswa baru di SMA Xaverius 1”, ajak pak Sujindro.

Lebih meriah

Ketua Komite Sekolah SMA Xaverius 1 ibu Dessy Chandra, SE yang hadir dalam acara pembukaan (Senin, 3/9) dan acara penutupan turnamen futsal (Kamis, 6/9) mengatakan kepada penulis ucapan terima kasih atas kerja keras OSIS dan bapak ibu guru panitia untuk menyelenggarakan kegiatan turnamen futsal ini.

Komite sekolah tetap dan sangat mendukung program kegiatan seperti ini. Jika diperlukan pihak komite siap membantu menyediakan kebutuhan yang diperlukan, misalnya yang sederhana menyediakan stok air mineral. “Kasihan juga melihat kontingen membawa minumannya masing-masing”. Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana agar turnamen seperti ini lebih ramai dan meriah lagi, tandas bu Dessy. *** [Ignas Iwan Waning]