USP 2021, Mengawas Ujian Era Pandemi Covid-19

UJIAN Satuan Pendidikan (USP) merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan atau pengetahuan peserta didik.

Pihak SMA Xaverius 1 Palembang telah berupaya maksimal agar pelaksanaan USP tahun ini berjalan secara tatap muka, namun memiliki kendala. Peserta USP di sekolah kita sangat banyak, 8 kelas jurusan MIPA dan 4 kelas jurusan IPS.

Peserta USP secara online menggunakan flyexam. Peserta ujian tetap on camera zoom agar lebih efektif dalam proses pemantauan oleh para pengawas masing-masing ruang. Kebijakan ini dilakukan agar para pendidik mendapatkan nilai lebih obyektif dari peserta ujian.

Lebih obyektif

Dengan bantuan media dan fasilitas yang dimiliki, pihak penyelenggara ujian akan mendapatkan nilai yang lebih obyektif. Hal ini telah beberapa kali diutarakan oleh ibu kepala sekolah, Ibu Dra M.M Estri Murwani, M.Si saat briefing setelah doa-renungan pagi di ruang guru.

Salah seorang peserta USP, Evelyn Natania berpendapat pelaksanaan USP dengan pengawasan yang baik. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan bagi siswa-siswi untuk menyontek atau berbuat curang.

Kelas Seminari (Foto: Pak Daniel)

Namun, bagi siswi kelas XII MIPA ini agak menyesalkan karena pelaksanaan USP tahun sangat dekat jeda waktunya dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Hal ini bisa membuat siswa-siswi yang hendak mengikuti SBMPTN menjadi terburu-buru dalam hal persiapannya.

Pelajari rumus-rumus

Saat ditanya tentang persiapan USP, Evelyn dengan mantap menjawab, “Persiapan saya sebelum USP ini adalah mempelajari dan menghafal kembali rumus-rumus serta konsep-konsep yang saya sudah lupa. Saya membaca kembali buku-buku catatan dan latihan dari kelas 10 dan 11. Saya juga berlatih dari soal-soal pada tahun sebelumnya.”

“Menurut saya, saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk persiapan USP kali ini. Saya harap teman-teman yang lain juga bisa mempersiapkan diri dengan baik sehingga kita semua bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Saya yakin dan percaya bahwa Tuhan akan menyertai anak-anaknya yang berusaha”, tandas Evelyn yang ingin mendalami ilmu psikologi.

Pelaksanaan USP dimulai sejak Senin-Sabtu, 5-10 April 2021. Tiap hari para peserta ujian menyelesaikan 2 mata pelajaran. Karena berkat Tuhan dan kesungguhan dalam belajar, semoga semua peserta ujian dapat mengerjakan soal-soal dengan baik dan berhasil dengan nilai yang memuaskan.** (Ignas Iwan Waning)